Jasa Konsultasi dan Pendampingan Pembuatan Key Performance Indicator (KPI)

PENDAHULUAN

KEY PERFORMANCE INDICATORS atau sering disingkat menjadi KPI atau Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam bahasa Indonesia, merupakan Indikator yang memberikan informasi sejauh mana kita telah berhasil mewujudkan target kerja yang telah kita tetapkan.  KPI atau IKU juga bisa diartikan sebagai metrik finansial ataupun non-finansial digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi. KPI digunakan dalam intelijen bisnis untuk menilai keadaan kini suatu bisnis dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan tersebut. KPI sering digunakan untuk menilai aktivitas-aktivitas yang sulit diukur seperti keuntungan pengembangan kepemimpinan, perjanjian, layanan, dan kepuasan.  KPI pada dasarnya adalah bagian dari Performance Indicators atau indikator kinerja organisasi.

Sebagai pengelola SDM/HR kita tentu tahu bahwa karakteristik manusia pada dasarnya sulit dipahami, sulit dikelola, apalagi diukur. Padahal kita tahu, sumber daya manusia adalah asset terpenting yang sangat berkarakter sebuah perusahaan. KPI sangat berguna untuk mengukur kinerja, progres kerja dan juga untuk mengetahui permasalahan produksi dan manajemen dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan kinerja pegawai secara efektif merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Dalam hal ini, pengelolaan kinerja yang efektif mencakup proses pengukuran hasil kerja pegawai secara obyektif melalui serangkaian indikator kinerja yang tepat. Melalui metode pemilihan Key Performance Indicators, diharapkan proses pembinaan kinerja pegawai dapat dilakukan dengan optimal, obyektif dan memberikan kontribusi positif bagi kinerja bisnis perusahaan. Begitu juga halnya dengan progres kerja dan peramasalahan perusahaan. KPI perusahaan secara keseluruhan akan menjelaskan dengan rinci gambaran permasalahan perusahaan yang sebenarnya.

MANFAAT PENERAPAN KPI

  1. Kinerja karyawan dapat dievaluasi secara lebih obyektif dan terukur,
  2. Indikator kunci mempresentatifkan hasil kerja, sehingga karyawan menjadi paham tentang orientasi targetnya secara jelas.
  3. Indikator kunci secara obyektif dapat diukur sehingga memunculkan pembelajaran untuk berhasil didalam organisasinya.
  4. Arah pengembangan karyawan menjadi terarah
  5. Dapat dijadikan sebagai dasar perancangan coaching & training.
  6. Dapat dijadikan sebagai dasar pemberian reward maupun punishment.

WAKTU & BIAYA

Durasi konsultasi penyusunan dan pembuatan KPI rata-rata hanya membutuhkan waktu sekitar 4 (empat) – 8 (delapan) minggu. KPI 100% dibuat oleh tim kami, klien hanya menyiapkan data dan jadwal wawancara serta waktu observasi. Jasa penyusunan dan pembuatan KPI akan berjalan secara efektif jika identifikasi KPI dilakukan dengan tepat sesuai dengan job des dan hasil kerja yang diharapkan dari masing-masing posisi. Biaya pembuatan Rp.125.000.000 (seratus dua puluh lima juta rupiah) untuk 15 hingga 30 job position, penambahan job position dikenakan Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah)/job position. Biaya tersebut tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi jika kegiatan observasi diluar kota Yogyakarta.

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
2
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dapatkan informasi secara langsung !!! Dengan menghubungi Telphone kami : 0812-2701-7144